Dosen Geografi FIS UNJ Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Air yang Dikonsumsi

Lebak, Patriot.id — Memasuki hari kedua, pada Sabtu (14/9), dosen-dosen UNJ melanjutkan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (KPM) di Desa Hegarmanah Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kampung Babakan, dengan topik: Optimalisasi Pengetahuan Masyarakat tentang Filtrasi Air Tanah.

Kegiatan itu diketuai oleh Bapak Drs. Warnadi, M.Si., dengan serangkaian kegiatan. Di antaranya, penyampaian materi dan praktik pemasangan filtrasi air bersama warga. Terlihat hadir dalam kegiaran ini lebih dari 40 peserta, di antaranya: Kepala Desa, RT, RW, Para Ulama dan Pemuda serta sejumlah tokoh masyarakat dari Kampung Babakan, Kampung Warunghuni, Kampung Cinyangko, dan Kampung Karangsewu.

Kepala Desa Hegarmanah, Bapak Apid Hamidi, S.Pd memberikan respon positif dan sangat mendukung terhadap kegiatan ini. Terbukti dari persiapan hingga pelaksanaan yang dapat berjalan dengan baik dengan fasilitas yang disediakan pihak desa. Pemandunya adalah Bapak Rahmat Solihin, S.Pd., selaku ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kampung Babakan, karena waktunya kebetulan bersamaan dengan rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H.

Dalam sambutannya KH. Entah Tahyudin sebagai tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama ini, menyampaikan terima kasih atas diadakannya kegiatan pengabdian. Beliau juga menyampaikan bahwa kondisi air tanah yang ada di Desa Hegarmanah hampir seluruhnya keruh dan mungkin tidak layak konsumsi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membuka pengetahuan masyarakat akan pentingnya kualitas air. Dan dengan kondisi air yang ada masyarakat dapat menanggulanginya secara individu maupun bersama,” tuturnya.

Bapak Drs. Warnadi, M.Si. menjelaskan bagaimana memasang dan cara merawat filter air agar dapat terus digunakan untuk meningkatkan kualitas air yang dikonsumsi warga. “Filter air berfungsi untuk menyaring sejumlah zat yang terlarut maupun yang tersuspensi dalam air. Ukuran zat yang terlarut dan tersuspensi tersebut sangat kecil, sehingga tidak nampak oleh mata,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi oleh Bapak Fauzi Ramadhoan Arrahman, S.Pd., M.Sc. dan Bapak Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si. terkait kualitas air dan pentingnya air untuk kehidupan serta manfaat filter air untuk meningkatkan kualitas air. 

Setelah dilakukan penyerahan filter air kepada 7 peserta selanjutnya dilaksanakan praktik pemasangan filter. Praktik pemasangan dilakukan di Mushola Majlis Ta’lim Ama di Kampung Babakan. Praktik pemasangan filter dilakukan oleh Pak Aang Enay salah satu peserta dari Kampung Babakan.

Pemasangan dipandu dan diarahkan oleh Bapak Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si., mulai dari penentuan penempatan filter sampai akhir, sesuai dengan langkah-langkah yang telah diberikan pada saat penyuluhan.

Diujung kegiatan, warga menyampaikan rasa dan kata terima kasih kepada pihak UNJ yang telah melaksanakan kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan sejenis dapat dilakukan pada masa yang akan datang agar lebih banyak lagi warga yang terjangkau oleh Program Pengabdian kepada Masyarakat. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*