Dosen UNJ Dorong Pemandu Wisata Desa Sawarna Menuju Ekonomi Berkelanjutan

Lebak, Patriot.id — Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada Jum’at (13/9), dosen Prodi Pendidikan Geografi FIS UNJ melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Acara ini direncanakan berlangsung selama dua hari (13-14/9). Hari pertama ini diangkat sebua tema: Pelatihan Pengetahuan Fisiografi Desa Sawarna Bagi Pemandu Wisata Menuju Ekowisata Berkelanjutan.

Dalam melakukan pelatihan maka dilibatkan pemandu wisata. Mereka adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sawarna. Acara itu kemudian dihadiri lebih dari 30 orang peserta. Dr. Sucahyanto, M.Si. selaku ketua pelaksana pengabdian menekankan pentingnya pengetahuan dan pemahaman fisiografi daerah Banten khususnya Sawarna yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal, nasional, maupun asing.

“Pengetahuan fisiografi ini penting untuk menjelaskan kepada wisatawan terkait obyek wisata yang dikunjungi,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini juga menekankan agar seluruh anggota Pokdarwis perlu dibekali kemampuan menjadi pemandu wisata. Oleh karena itu mereka diberi pelatihan sebagai pemandu wisata yang dikaitkan dengan kondisi fisiografi wilayah mereka.

“Hal ini sekaligus untuk memberdayakan dan peningkatan masyarakat setempat dari sektor pariwisata” tutur Dr. Sucahyanto, M.Si.

Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si. sebagai salah satu anggota tim menambahkan bahwa perlu adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait kebencanaan. Hal ini mengingat Sawarna secara fisiografi berada di wilayah yang berpotensi terjadi gempa dan tsunami yang dapat terjadi setiap saat.

“Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan kepada Pokdarwis menjadi penting untuk dilakukan guna mendukung perkembangan sektor pariwisata di daerah ini,” ucapnya.

Kegiatan pengabdian ini merupakan kelanjutan dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara kontinyu dari beberapa tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan keinginan UNJ yang berencana untuk menjadikan Desa Sawarna sebagai desa binaan khususnya dalam pengembangan ekonomi masyarakat setempat dari sektor pariwisata.

Bapak Ade Sudrajat, selaku ketua Pokdarwis Desa Sawarna menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UNJ yang telah membina mereka secara berkesinambungan selama tiga tahun terakhir ini. Hasil nyata yang mereka rasakan adalah adanya penataan dan tata kelola homestay yang sudah dilakukan dengan baik.

Pak Samsul selaku sekretaris Pokdarwis juga menambahkan adanya manfaat yang dirasakan anggotanya. Selama pendampingan yang dilakukan oleh UNJ, maka pariwisata di daerah mereka dirasakan lebih maju dari tahun tahun sebelumnya. Hal senada juga dirasakan oleh Mas Mardi sebagai salah satu pengelola home stay milik Bapak Asep Milang bahwa pengunjung terus meningkat dari waktu sebelumnya. (**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*