Eksistensi Bahasa Indonesia di Negeri Sendiri

Oleh : Roza Fadila

Eksitensi atau keberadaan Bahasa Indonesia mulai tergeser oleh bahasa asing, tepatnya bahasa Inggris, yang dimana dengan mudah masuk ke Indonesia dan mulai digunakan masyarakat di kehidupan sehari-hari mereka. Di Indonesia, bahasa Inggris juga di gunakan dikalangan para Pelajar dan Mahasiswa, dimana mereka menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi satu sama lain.

Meskipun tidak semua kata atau kalimat menggunakan bahasa Inggris, walaupun hanya sebagian, namun hal tersebut dapat mengakibatkan terkikisnya kaidah berbahasa Indonesia, apabila terus dilakukan dan tetap dibiarkan/dilestarikan.
Seperti, apabila seorang Pelajar atau Mahasiswa menggunakan kata “On The Way (OTW), Thanks, Don’t Forget, Yes dan lain sebaginya dalam kehidupan sehari-hari mereka, ini menunjukan bawa bahasa Inggris mulai menggeser eksistensi bahasa Indonesia di negerinya sendiri, negeri Indonesia kita tercinta ini.

Di mana beberapa kata-kata bahasa Inggris tersebut, lebih dikenal oleh para Mahasiswa dan Pelajar, karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dan tidak banyak pula yang tidak tahu makna kata atau kalimat yang mereka ucapkan, karena hanya ikut-ikutan dari orang-orang atau teman-teman yang sering mnggunakannya, agar orang lain beranggapan bahwa mereka orang yang keren atau gaul, karena mengikuti gaya kebarat-baratan.

Ada juga Mahasiswa atau Pelajar yang melakukan komunikasi dengan menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, seperti kalimat “Please teman-teman ,harus on time, jangan telat!”, padahal kita bisa menggunakan kalimat bahasa Indonesia “Tolong teman-teman, tepat waktu, jangan telat!”, yang artinya menggunakan bahasa Indonesia saja tanpa ada bahasa Inggris didalamnya.

Tergesernya eksistensi bahasa Indonesia oleh bahasa Inggris menjadi tantangan bagi kita semua. Sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya kita bangga dengan apa yang bangsa kita miliki, salah satunya bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Oleh sebab itu, kita harus mencintai bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia adalah identitas kita, pemersatu kita dan kebanggaan kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*