Home Industri : Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

Oleh : Cepi R. Permana

Patriot.id — Pertumbuhan ekonomi merupakan sektor yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, tingkat kebutuhan ekonomi yang cukup tinggi di masyarakat menjadi permasalahan kesenjangan sosial dan sekaligus peluang bagi masyarakat dalam melihat potensi yang tersedia.

Terciptanya lapangan pekerjaan menjadi salah satu roda penggerak dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, percepatan pertumbuhan ekonomi harus juga di tunjang dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang didukung dengan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi memadai. Dengan demikian masyarakat bisa ikut merasakan pertumbuhan ekonomi secara langsung dan merata.

Begitupun di Jawa Barat daerah yang memiliki jumlah penduduk tidak kurang dari 50 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 5,64% tidak semerta-merta memberikan dampak percepatan pertumbuhan ekonomi di masyarakat secara merata. Lambatnya pertumbuhan di pedesaan dikarnakan, masyarakar belum bisa memanfaatkan potensi yang tersedia.

Melalui desa sebagi langkah awal dari penggerak roda perekonomian masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan yang merata di tunjang dengan pengelolaan yang baik. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar potensi desa bisa dikelola dengan baik dan benar. Dalam upaya mempercepat pembangunan di perdesaan, pemerintah provinsi Jawa Barat telah merancang suatu terobosan pembangunan yang dikenal dengan program “Desa Membangun”, yaitu suatu pengembangan model pemberdayaan masyarakat dan aparat desa dalam mewujudkan desa mandiri dan sejahtera.

Disisi lain menurut data badan pusat statistik (BPS) mencatat, tingkat pengangguran terbuka (TPT) tertinggi mencapai 7,73% atau sekitar 527.186 jiwa berada di Jawa Barat. Menciptakan lapangan pekerjaan menjadi salah satu solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran, masyarakat harus menjadi pelaku dalam menciptakan lapangan pekerjaan dengan memanfaatkan potensi yang tersedia. Home industry hadir sebagai salah satu solusi menjawab kebutuhan lapangan pekerjaan dalam meningkatkan pertumbuhan roda perekonomian masyarakat.

Memanfaatkan Home Industri sebagai roda penggerak perekonomian dalam membuka sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan sebagai salah satu solusi dari permasalahan kesejahteraan sosial di masyarakat, dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang melimpah ditunjang dengan sumber daya manusia yang terampil dalam mengelola potensi yang tersedi, sehingga dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat desa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*