Karena Alasan Kerja Sama Polisi Tiongkok Inginkan ‘Kantor Bersama’ Dengan Polri

Ketapang, Patriot.id — Untuk memperluas kerja sama, pada Kamis (12/07/2018) pukul 08.20 WIB, telah tiba Polisi Biro Keamanan Publik Souzhou Prov. Jianshu Tionkok, yang datang menemui kepolisian Resort Ketapang Indonesia.

Direktur Jenderal Biro Keamanan Publik Souzhou Jiang Hai pun memperkenalkan satu persatu Polisi dari Negara Tiongkok yang hadir pada acara ini.

“Ada 13.000 Polisi dan 40.000 Banpol di Kota Souzhou dengan jumlah penduduk sekitar 18.000.000 orang. Anggota polisi sudah mencapai ¼ provinsi Jiangsu,” tutur Jiang di Kantor Polres Ketapang, Jl. Brigjen Katamso, Sukaharja, Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis (12/07/2018).

Menurut Jiang, Pembayaran dan pemerataan di kota shozou sudah stabil. “Kedepan untuk mempererat hubungan dengan polisi ketapang,” kata Wakil Walikota Suzhou.

Ia sangat berharap, “Kepolisian Ketapang agar dapat ke Shouzhou untuk mempererat hubungan baik dengan Polisi Shouzhou,” pungkas Jiang.

Dalam sambutannya Kapolres Ketapang AKBP Sunario, S.IK.,MH banyak menyampaikan tentang aspek geografi, demografi dan memperkenalkan pejabat-pejabatnya. Ia pun sangat Berterima kasih atas kunjungan dari Polisi Souzhou itu.

Karena kedatangan Kepolisian Tionkok semata untuk bekerja sama, Menurut Sunario, “untuk kerja sama antara Polisi harus melalui Markas Besar (Mabes) Polisi Republik Indonesia (Polri),” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, “Kab. Ketapang merupakan kabupaten yang banyak investor masuk. Maka dengan itu banyak Investasi kebun dan tambang yang masuk seperti WHW, BSM dan KBS,” kata Sunario.

“Kab. Ketapang merupakan kabupaten paling aman dan tidak pernah terjadi konflik suku maupun agama sehingga investor dari banyak yang masuk ke Ketapang,” sambung Sunario.

Adapun pada rombongan yang kunjungan Biro Keamanan Publik Suzhou, terlihat hadir Wang Sheng Yu (Wakil Direktur Kantor Biro Kerjasama Internasional Biro keamanan Publik Suzhou), Zhang Jian (Wakil Direktur Pusat Penerjemah Kantor Urusan Luar Negeri Suzhou).

Selain itu, hadir pula Zhu Qiang (Wakil Kepala Detasemen Polantas Biro Keamanan Publik Suzhou, Shi Xu (Wakil Direktur Dinas Perencanaan Suzhou), Yan Hong Tai (Wakil direktur Dinas Administrasi Kota Shuzhou), Chen Bin (Direktur Biro Kerjasama Internasional Biro Keamanan Publik Suzhou).

Kunjungan Kerja (Kunker) ini adalah dalam rangka peresmian Kantor Polisi Bersama di Areal Perusahan PT. BSM GROUP di Desa Sungai Awan kanan, Kec. Muara Pawan Kab. Ketapang.

Pada kuker itu, kepolisian Shouzou juga memberikan cenderamata kepada Polres Ketapang. Yaitu, sebuah plakat dengan tulisan ‘Kantor Bersama’.

Foto: Plakat yang diberikan kepolisian Tiongkok kepada Polri.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Patriot.id, bahwa tulisan pada plakat itu salah, dan untuk sementara tidak bisa digunakan. Akhirnya barang tersebut diamankan di gudang Polres Ketapang. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*