Koalisi Kawali Jabar Nyatakan Sikap Terkait Spill Oil Pertamina

Karawang, Patriot.id — Koalisi Kawal Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Kawali) Lestari Provinsi Jawa Barat (Jabar), sangat menaruh harapan kepada Komut Pertamina Bpk. Basuki Tjahaja Purnama. Harap yang dimaksudkan adalah untuk memberikan atensi dalam menyelesaikan permasalahan pencemaran yang terjadi di perairan Karawang dan sekitarnya.

Ketua Koalisi Kawali Lestari Jabar, Edvin Gunawan menegaskan, upaya pembersihan, pemulihan dan restorasi pasca kecelakaan kerja pada instalasi Migas milik PHE (Pertamina Hulu Energi) terus dilakukan dengan cepat; mengacu kepada standar internasional seperti penanganan oil spill (tumpahan minyak) dari organisasi IMO (International Maritime Organization) maupun IPIECA (The International Petroleum Industry Environmental Conservation Association).

“Pada praktik pembersihan di garis pantai pihak PHE dapat melibatkan para relawan yang merupakan masyarakat terdampak dengan menyediakan APD (alat pelindung diri) yang layak sehingga pembersihan tidak terkonsentrasi di perairan saja,” katanya, di Karawang, Jabar, Rabu (27/11/2019).

Edvin menyatakan, Koalisi Kawali Jabar bersama masyarakat akan mengikuti dan mengawal perkembangan dari setiap kebijakan terkait dengan tahap tanggap darurat PHE.

“Kami yakin Komisaris Utama dan jajaran Komisaris baru lainnya saat ini yang sudah dilantik akan memperhatikan hal ini menilik dampak lingkungan dan ekonomi yang ditimbulkan, sehingga hal ini sudah patut menjadi prioritas utama,” pikirnya.

Dia lalu berharap, pertamina dan KKP melibatkan masyarakat dalam upaya restorasi lingkungan nanti seperti memberdayakan warga terdampak untuk membuat terumbu karang artifisial dengan spesifikasi tertentu serta memperbaiki ekosistem mangrove di sepanjang garis pantai terdampak.

“Koalisi Kawali Jabar akan mendorong PHE dan mengharapkan supervisi KKP, Dinas Kelautan Provinsi Jabar dan Kabupaten Karawang untuk segera mewujudkan pemulihan serta restorasi lingkungan sehingga dapat segera terlaksana,” tutupnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*