Mahasiswa Papua Gelar Dialog dan Deklarasi Persatuan Bangsa

Jakarta Patriot.id — Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Koalisi Muda Papua, menggelar kegiatan Dialog Intelektual Muda Papua, dengan tema “Membangun Generasi Muda Papua, Menuju Indonesia Unggul”. Kegiatan dimaksudkan untuk menyamakan prespektif para mahasiswa asal Papua sebagai kaum intelektual dalam membangun Sumber Daya Manusia Papua, Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Esa Unggul Jakarta Pada Kamis, (11/10/2019).

“Kami menyadari bahwa untuk mendukung terwujudnya pembangunan di tanah Papua, maka sangat diperlukan SDM yang mumpuni khususnya generasi muda Papua, agar kita dapat terlbat aktif dalam upaya mendorong kemajuan di tanah Papua”. Ujar Yan Kifi Mohi selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk membangun silaturahmi antar para mahasiswa Papua yang sedang berkuliah di Universitas Unggul bersama jajaran Rektorat. “Tadi hadir ditengah-tengah kita Bapak Ari Pambudi selaku Wakil Rekor III, dan Bapak Idris Kamad selaku Kepala Departemen Kemahasiswaan.” Lanjut Yan.

Bapak Ari Pambudi selaku Wakil Rektor III Universitas Esa Unggul menyampaikan bahwa “Universitas Esa Unggul akan menjamin kenyamanan mahasiswa Papua yang sedang berkuliah di Esa Unggul melalui ekosistem pembelajaran yang bermutu, kondusif, serta efektif dan efisien. Selain itu, Universitas Esa Unggul pun memilik program beasiswa khusus untuk mahasiswa asal Indonesia timur termasuk Papua.”

Dialog ini kemudian diakhiri dengan pembacaan Deklarasi yang di pimpin oleh Yan Kifi Mohi, tentang komitmen mahasiswa papua agar belajar secara sungguh-sungguh untuk membangun SDM yang berkualitas dan berdaya saing guna mendorong terwujudnya Indonesia yang unggul sebagaimana visi Presiden Jokowi. Dalam Deklarasi tersebut juga Koalisi Muda Papua menghimbau kepada seluruh pihak agar tetap menjaga persatuan dan keutuhan NKRI serta menjaga kedamaian di tanah Papua.

Dalam Dialog terpisah bersama Patriot.id Syurya Muhammad Nur.M.Si yang juga merupakan Akademisi Universitas Esa unggul mengatakan “bicara papua pastinya bicara Indonesia, anak muda papua harus memiliki integritas tinggi untuk meningkatkan potensi anak muda papua, maka kampus-kampus se Indonesia harus memberikan mereka beasiswa seperti yang dilakukan oleh Universitas Esa Unggul” tutup syurya. (Bob)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*