Memaknai Hari Raya Idhul Adha

Oleh : Syurya Muhammad Nur, M.Si ( Dosen )

Minggu 11 Agustus umat Islam dunia merayakan hari kebesaran Umat nabi Muhammad SAW yang disebut Hari Raya Idul Adha 1440 H yang biasa dikenal umat islam Indonesia sebagai hari raya kurban.

Hari raya kurban sebagai momentum untuk merefleksikan diri, Apakah telah memberi dan berbagi kepada sesama?, apalagi hari raya kurban tahun ini berdekatan dengan hari raya kemerdekaan RI yang ke 74, maka sudah sampai dimanakah berkurban atau berkorban kita.

Teringat kita sejarah Nabi Ibrahim AS yang mengorbankan Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT, maka dengan kerendahan hati dan keridhoan Nabi Ibrahim maka Allah ganti Nabi Ismail menjadi seekor kambing dan Nabi Ismail baik baik saja.

 

Dari sejarah Nabi Ibrahim AS tersebut, dapat kita renungi bahwa saatnya kita meningkatkan kesholehan sosial kita kepada sesama, karna dengan berkurban kita akan diangkat derajat kita di mata Allah SWT dan hewan kurban kita akan menjadi kendaraan kita di surga nanti.

Meningkatkan kesholehan sosial juga merupakan amah dari pancasila, dimana pada sila ketuhanan yang maha Esa mengamanahkan bahwa dengan berkurban kita akan meningkatkan keiman dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan pada sila kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan refleksi diri kita bahwa berkurban merupakan ajang untuk meningkatkan kesetiakawan sosial antar sesama serta berlaku adil dalam pembagian daging hewab kurban.

Semoga di hari raya idul adha atau hari raya kurban tahun ini menjadi pengikat tali persaudaraan tanpa memandang apapun dan kesholehan kita lebih meningkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*