Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Wujud Kecintaan Pada Rasulullah

Oleh : Ir. Hj. Mariana Harahap, MBA

Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW di negeri ini terasa berbeda dengan hari-hari yang lain. Sejak malam tanggal 1 hingga 12 bulan Rabi’ul Awal (Maulid) kaum muslim di pedesaan maupun perkotaan menyelenggarakan acara “maulid.”.

Istilah maulid digunakan untuk kegiatan pembacaan shalawat atau syair-syair sejarah Nabi Muhammad SAW. Kata maulid sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu maulud yang berarti kelahiran. Maksudnya, tradisi maulid diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran manusia paling mulia, Rasulullah. Dari istilah maulud melahirkan kosa kata baru bagi masyarakat Jawa pada khususnya, yaitu mulud untuk menyebut bulan Rabi’ul Awal.

Kecintaan kepada manusia paling mulia menjadi ibadah untuk selalu mendendangkan salawat untuk Rasulullah SAW yang telah membawa umat manusia dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh cahaya dan berilmu pengetahuan sepeti yang kita rasakan pada saat ini, wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad mengharuskan kita untuk menteladani sifat, sikap sikapnya dalam memperjuangkan umat manusia sehingga kita mendapatkan nikmat yang sangat luar biasa pada saat ini.

Penyelenggaraan maulid di mushola dan masjid – masjid tidak hanya mengajarkan bagaimana mencintai nabi, tetapi juga upaya menjadikan kita manusia berakhlak mulia sebagaimana yang sudah dicontohkan nabi Muhammad Saw, baik dalam bidang sosial, agama, ekonomi, politik, dan budaya.

Memperingati maulid memiliki kontribusi untuk penguatan nilai-nilai kebangsaan kita. Artinya, semakin ditinggalkannya tradisi semacam ini, nilai-nilai kebangsaan masyakat kita akan luntur dan hilang. Ancaman inilah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat kita.

Kemunculan kegiatan bershalawat melalui maulud adalah aset berharga yang dimiliki umat Islam Indonesia. Hadirnya kelompok ini dapat menjadi peneguh nilai-nilai kebangsaan dalam bingkai NKRI yang majemuk.(Bob)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*