Problematika Penggunaan Bahasa di Kalangan Milenial

Oleh: Amanda Sofian

Di zaman modern seperti sekarang ini, pengaruh globalisasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat terutama di kalangan remaja. Mereka berlomba untuk menampilkan diri kepada teman-temannya bahkan dunia bahwa dirinya merasa gaul dan tidak ketinggalan zaman. Tingkah laku yang ugal-ugalan, gaya berpakaian yang aneh, hingga penggunaan bahasa gaul yang tidak sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Padahal di dalam Sumpah Pemuda sudah disebutkan bahwa “Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”, sudah jelas di dalam naskah Sumpah Pemuda menyuruh remaja bangsa indonesia untuk menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia yang harus generasi sekarang pelajari dan pahami bagaimana berbahasa yang baik dan benar.

Bahasa yang dulu pernah baik adanya sekarang sudah jauh menyimpang dari bahasa yang sebenarnya. Bahkan yang sangat memprihatinkan lagi timbul kata-kata yang membuat kalangan remaja kita malu dan merasa kampungan jika berbahasa yang benar. Padahal, penggunaan Bahasa Indonesia yang benar akan memperlihatkan kepada dunia bahwa kita menjunjung tinggi Bangsa Indonesia. Bagaimana kita bisa dikatakan mengabdi kepada Bangsa Indonesia dan selalu mengikrarkan Sumpah Pemuda tetapi masih menggunakan bahasa Indonesia yang tidak benar.

Penggunaan bahasa tidak baku (bahasa gaul) sering kali kita temui di lingkungan kita mulai dari remaja atau pelajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai Perguruan Tinggi. Penggunaan bahasa ini sangat menyimpang dari bahasa yang sebenarnya. Karena seorang remaja ingin terlihat pintar dan gaul timbullah bahasa asing diantara kalimat-kalimat yang diucapkannya.

Hal ini juga sangat mempengaruhi gaya bahasa di kalangan remaja untuk berbahasa yang baik yang sesuai dengan budaya Bangsa Indonesia. Bagaimana anak bangsa bisa berkembang sedangkan berbahasa saja masih disepelehkan. Marilah, kita sebagai remaja bangsa Indonesia mengubah semua masalah yang terjadi di negeri ini, dengan sama-sama menyadarkan remaja sekarang dengan berbahasa Indonesia yang baik sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*