Sejalan Dengan Kebijakan Jokowi, SBY Setuju Tidak Ada Lockdown

Jokowi dan SBY

Jakarta, Patriot.id – Beberapa Negara yang terpapar virus corona memang sudah memberlakukan kebijakan lockdown. Misalnya saja seperti Wuhan, di provinsi Hubei, Italia, Iran, Australia.

Jumlah positif corona di Indonesia yang terus bertambah, belum membuat pemerintah memberlakukan lockdown hanya saja masyarakat diserukan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, hingga kampanye social distancing dan di rumah saja.

Sejalan dengan itu Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono yang akrab disapa SBY, setuju dengan sistem tersebut.

Menurutnya dengan mengkarantina diri sendiri bisa memperlambat laju penyebaran virus.

“Kalau masing-masing lakukan lockdown atau mengkarantina diri sendiri, tak perlu dilakukan lockdown di kota-kota. Penyebaran COVID-19 bisa kita batasi. Seperti negara lain, “lockdown” dilakukan hanya jika terpaksa, guna menyelamatkan jiwa penduduk,” tulis SBY di akun Twitternya pada Senin (23/03/2020).

Untuk itu SBY mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah, mengikuti instruksi pemerintah. SBY pun mengaku dirinya dan keluarga sudah 1 minggu tidak keluar rumah.

“Mari kita dukung pemerintah, dgn melakukan apa yg diharapkan & diinstruksikan pemerintah. Sudah satu minggu ini saya & keluarga tinggal di rumah. Membatasi kegiatan & tidak ke mana-mana. Terus ikuti perkembangan situasi di Indonesia & negara-negara lain,” tulis SBY di akun Twitternya.

SBY juga ikut mengingatkan soal physical distancing, social distancing, yang dinilainya bukan becandaan. Karena ini adalah situsi darurat dan jangan dianggap mengada-ada.

SBY mengucapkan selamat bertugas kepada Presiden Jokowi beserta jajarannya. Meski badai belum berlalu, tapi lewat semangat persatuan, ia yakin Indonesia pasti selamat.

“Selamat bertugas Pak Jokowi & pemerintah. Tugas pemerintah berat namun mulia. Perjuangan masih panjang. Badai belum berlalu. Kalau kita bersatu, Indonesia akan selamat & sukses,” tutup SBY mengakhiri cuitannya di Twitter. (Red/Al)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*